Sabtu, 13 September 2014

LAPORAN PERKULIAHAN MANAJEMEN DIKLAT PERTEMUAN 1 (KERANGKA KOMPETENSI ABAD 21)

Laporan Perkuliahan Manajemen Diklat
Pertemuan 1
Senin 08 September 2014


Kerangka Kompetensi Abad 21 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran

            Pelatihan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menutup kesenjangan antara kemampuan dengan tuntutan. Pelatihan perlu dikelola, maka dari itu perkuliahan manajemen pelatihan menjadi penting untuk dipelajari. Menurut Holland, seseorang dikatakan berhasil ketika terjadi koherensi pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang dikuasai.

            Dalam Manajemen Diklat, para peserta dilatih untuk dapat memiliki kemampuan yang dibutuhkan di abad ini,  antara lain:
  • Kehidupan dan Karir
  • Fleksibel dan adaptif
  • Berinisiatif dan mandiri
  • Keterampilan sosial dan budaya
  • Produktif dan akuntabel
  • Kepemimpinan&tanggung jawab


Pembelajaran dan Inovasi
  •  Kreatif dan inovasi
  •  Berfikir kritis menyelesaikan masalah
  •  Komunikasi dan kolaborasi


Informasi, Media and Teknologi
  • Melek informasi
  • Melek Media
  • Melek TIK


            Kerangka abad 21 menunjukkan bahwa berpengetahuan saja tidak cukup, harus dilengkapi dengan kemampuan dalam kreativitas dan berfikir kritis kritis serta berkarakter kuat (bertanggung jawab, sosial, toleran, produktif, adaptif). Disamping itu didukung juga dengan kemampuan memanfaatkan informasi dan berkomunikasi


Tuntutan Terhadap “Kompetensi SDM”
  • Pengetahuan/Wawasan Global
  • Konseptual Yang Integratif& Aplikatif
  • Orientasi Pada Solusi,Inovasi & Kreatifitas
  • Nilai-Nilai Universal (Lintas Budaya)


Keterampilan Global
  •  Komunikasi Multi Budaya
  •  Pemanfaatan Tek.informasi
  •  Pengembangan Intelectual+Emotional+ Adversity Skill 


Sikap / Perilaku
  •  Dinamis &Flexible
  •  Inisiatif & Proaktif
  •  Inovatif & Kreatif
  •  Mandiri/Survive


Pengelolaan  Pendidikan
Input -> proses -> output

   Inputnya berupa peserta didik, dan memiliki instrument berupa SKL, Isi , Pendidik, Sarpras, Pembiayaan. Dalam prosesnya, terhadap metode dan strategi dalam proses pembelajaran yang nantinya akan mengasilkan output yang berkaitan dengan Peningkatan: Pengetahuan, Kemampuan, Keterampilan , Kecakapan dan Kesiapan.

Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21
  Informasi (tersedia dimana saja, kapan saja): Pembelajaran diarahkan untuk mendorong peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber observasi, bukan diberi tahu

  Komputasi (lebih cepat memakai mesin): Pembelajaran diarahkan untuk mampu merumuskan masalah, bukan hanya  menyelesaikan masalah

  Otomasi (menjangkau segala pekerjaan rutin): Pembelajaran diarahkan untuk melatih berfikir analitis (pengambilan keputusan) bukan berfikir mekanistis (rutin).

  Komunikasi (dari mana saja, ke mana saja): Pembelajaran menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi dalam menyelesaikan masalah


 Proses pembelajaran, Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar