Pertemuan ke-2
Tanggal 17 februari 2014
WHY
MARKETING STUDY ?
Salah Satu alasan kenapa kita belajar pemasaran
karena pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam pertumbuhan dan
perkembangan ekonomi. Pemasaran
jugamemberikan pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka, dan
apabila pelanggan puas dengan produk yang digunakannya, maka produsen
produk tersebut akanmembuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat.
Beberapa
Faktor yang berkontribusi dalam menyuseskan suatu usaha:
Mengetahui apa
yang diinginkan pelanggan dan apa yang dibutuhkan pelanggan.
Dengan mempunyai komitmen yang kuat dan fokus terhadap
permintaan pelanggan. Salah Satu alasan
kenapa kita belajar pemasaran karena pemasaran mempunyai peran yang
sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Pemasaran dapat
merangsang penelitian serta ide-ide yang baru dan yang akan menghasilkan barang
dan jasa baru yang inovatif.
Pemasaran juga memberikan
pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka, pemasarakan dilakukan
untuk memahami dan memuaskan pelanggan. Namun tidak semua orang yang dipuaskan
tetapi hanya target di dalam pasar atau pemasaran tersebut.
Memotivasi seseorang atau pelanggan dalam menemukan nilai
lebih dala usaha. Yaitu menawarkan kelebihan atau keunggulan terhadap pelanggan
atas produk yang dimiliki.
WHAT
IS MARKETING ?
Pemasaran adalah
suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Proses sosial
dalam pemasaran yaitu interaksi anatara penjual dan pembeli sedangkan
manajerial adalah suatu usaha yang dilakukan secarabertahap (berproses).
Menawarkan
apa yang dibutuhkan melalui pertukaran produk dan penukaran produk lainnya. Needs dan Wants merupkan suatu hal yang berbeda perbedaannya adalah Needs (kebutuhan) adalah suatu hal yang
harus terpenuhi, keadaan merasa kekurangan atau kurang. Sedangkan Wants ( keinginan) suatu bentuk yang di
ambil oleh kebutuhan manusia karena dipengaruhi oleh budaya dan kepribadian
individu.
PRODUCTS
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk
di perhatikan, diperoleh, digunakan, atau sesuatu yang di konsumsi yang dapat
memuaskan kebutuhan dan keinginan. Produk adalah barang atau jasa yang bisa
ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian, atau konsumsi
yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. yang berbentuk fisik, layanan,
orangnya, tempat, organisasi/lembaga, dan ide.
Product memiliki 2 sifat
Ø Terlihat
; Berbentuk barang yang dapat dilihat dirasakan melalui panca indera contohnya adalah
barang
Ø Tidaknyata/abstrak:
Tidak dapat dilihat dengan panca indera
contohnya adalah services, pelayanan jasa.
Konsep Marketing,
suatu produk harus mempunyai :
Ø Value
(nilai)
Ø Satisfaction
(kepuasaan)
Ø Quality
(kualitas)
Ø Exchange
(pertukaran)
Ø Transaction
(transaksi/penawaran)
Ø Relationship
(hubungan)
Filosofi Marketing,
yaitu:
Ø Production
Concept (Konsep Produksi) : berkeyakinan bahwa konsumen akan menyukai
produk-produk yang tersedia dimana-mana harganya murah. Berproduksi di berbagai
tempat . Fokus utama dari konsep ini adalah distribusi dan harga.
Ø Product
Concept (Konsep Produk) : berpandangan bahwa konsumen akan menyukai
produk-produk yang memberikan kualitas , kinerja atau fitur inovatif terbaik. Fokus utamanya ialah upaya
penciptaan produk yang superior dan penyempurnaan kualitas.
Ø Selling
Concept (Konsep Penjualan) : berkeyakinan bahwa konsumen tidak akan tertarik
membeli produk dalam jumlah banyak jika mereka tidak diyakinkan dan bahkan jika
perlu di bujuk. Fokus utamanya adalah usaha promosi dan penjualan yang agresif.
Ø Marketing
Concept (Konsep Pemasaran) : berpandangan bahwa kunci untuk mewujudkan tujuan
organisasi terletak pada kemampuan organisasi dalam menciptakan, memberikan,
dan mengkomunikasikan Costumer value kepada pasar sasarannya secara lebih
efektif dibandingkan pesaing. Fokus utamanya adalah pasar sasaran, kebutuhan
pelanggan, pemasaran terintegrasi dan profitabilitas.
Ø Social
Marketing Concept (Konsep Pemasaran Sosial) : berkeyakinan bahwa tugas organisasi
adalah menentukan kebutuhan , keinginan, dan minat pasar sasaran dan memberikan
kepuasan yang diharapkan secara elebih efektif
dan efisien dibandingkan pesaing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar