Jumat, 07 Maret 2014

KONSEP DASAR MANAJEMEN PEMASARAN JASA

Pertemuan ke-2
Tanggal 17 februari 2014

WHY MARKETING STUDY ?
            Salah Satu alasan  kenapa kita belajar pemasaran karena pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.  Pemasaran jugamemberikan pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka, dan apabila pelanggan puas dengan produk yang digunakannya, maka produsen produk tersebut akanmembuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Beberapa Faktor yang berkontribusi dalam menyuseskan suatu usaha:
             Mengetahui apa yang diinginkan pelanggan dan apa yang dibutuhkan pelanggan.
            Dengan mempunyai komitmen yang kuat dan fokus terhadap permintaan pelanggan. Salah Satu alasan  kenapa kita belajar pemasaran karena pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Pemasaran dapat merangsang penelitian serta ide-ide yang baru dan yang akan menghasilkan barang dan jasa baru yang inovatif.
             Pemasaran juga memberikan pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka, pemasarakan dilakukan untuk memahami dan memuaskan pelanggan. Namun tidak semua orang yang dipuaskan tetapi hanya target di dalam pasar atau pemasaran tersebut.
            Memotivasi seseorang atau pelanggan dalam menemukan nilai lebih dala usaha. Yaitu menawarkan kelebihan atau keunggulan terhadap pelanggan atas produk yang dimiliki.

WHAT IS MARKETING ?
            Pemasaran  adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Proses sosial dalam pemasaran yaitu interaksi anatara penjual dan pembeli sedangkan manajerial adalah suatu usaha yang dilakukan secarabertahap (berproses).
            Menawarkan apa yang dibutuhkan melalui pertukaran produk dan penukaran produk lainnya. Needs dan Wants merupkan suatu hal yang berbeda perbedaannya adalah Needs (kebutuhan) adalah suatu hal yang harus terpenuhi, keadaan merasa kekurangan atau kurang. Sedangkan Wants ( keinginan) suatu bentuk yang di ambil oleh kebutuhan manusia karena dipengaruhi oleh budaya dan kepribadian individu.

PRODUCTS
            Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk di perhatikan, diperoleh, digunakan, atau sesuatu yang di konsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan. Produk adalah barang atau jasa yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. yang berbentuk fisik, layanan, orangnya, tempat, organisasi/lembaga, dan ide.

Product memiliki 2 sifat
Ø  Terlihat ; Berbentuk barang yang dapat dilihat dirasakan melalui panca indera contohnya adalah barang
Ø  Tidaknyata/abstrak:  Tidak dapat dilihat dengan panca indera contohnya adalah services, pelayanan jasa.

Konsep Marketing,  suatu produk harus mempunyai :
Ø  Value (nilai)
Ø  Satisfaction (kepuasaan)
Ø  Quality (kualitas)
Ø  Exchange (pertukaran)
Ø  Transaction (transaksi/penawaran)
Ø  Relationship (hubungan)

Filosofi Marketing, yaitu:
Ø  Production Concept (Konsep Produksi) : berkeyakinan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang tersedia dimana-mana harganya murah. Berproduksi di berbagai tempat . Fokus utama dari konsep ini adalah distribusi dan harga.

Ø  Product Concept (Konsep Produk) : berpandangan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang memberikan kualitas , kinerja atau fitur inovatif  terbaik. Fokus utamanya ialah upaya penciptaan produk yang superior dan penyempurnaan kualitas.

Ø  Selling Concept (Konsep Penjualan) : berkeyakinan bahwa konsumen tidak akan tertarik membeli produk dalam jumlah banyak jika mereka tidak diyakinkan dan bahkan jika perlu di bujuk. Fokus utamanya adalah usaha promosi dan penjualan yang agresif.

Ø  Marketing Concept (Konsep Pemasaran) : berpandangan bahwa kunci untuk mewujudkan tujuan organisasi terletak pada kemampuan organisasi dalam menciptakan, memberikan, dan mengkomunikasikan Costumer value kepada pasar sasarannya secara lebih efektif dibandingkan pesaing. Fokus utamanya adalah pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terintegrasi dan profitabilitas.

Ø  Social Marketing Concept (Konsep Pemasaran Sosial) : berkeyakinan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan , keinginan, dan minat pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diharapkan secara elebih efektif  dan efisien dibandingkan pesaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar