Sabtu, 29 Maret 2014

Marketing Mix lanjutan.........

Pertemuan ke-6
24 Maret 2014


MARKETING MIX


People
Adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri. misalnya dalam jasa kecantikan :diantaranya adalah para reception, dokter, dan beauty therapis.
People yang terdiri dari:
  1. Employes (pegawai)
  2. Management
  3. Culture (budaya)
  4. Customer service (pelayanan)
 Manusia itu merepresentasikan bisnis :
  1. Manusia membuat image yang sangat penting untuk perusahaan.
  2. Sering melakukan kontak dengan orang-orang- apakah ada gambaran abadi yang mereka berikan kepada pelanggan?
  3. menambah/meningkatkan pelatihan tentang produk atau pelayanan
  4. pernyataan misi, relevan atau tidak kah suatu pernyataan atau misi tersebut?
  5. bagaimana staf mempresntasikan budaya yang diinginkan dari bisnis

 Process
Proses adalah kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian barang. Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen. Fasilitas jasa konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas layanan yang berpengaruh pada image perusahaan.
  1. Proses itu sangat relevan untuk industry jasa, bagaimanakah pelayanan itu di pertimbangkan atau tidak?
  2. Bagaimana cara orang mengkonsumsinya ?
  3. Apakah proses yang dilakukan mereka untuk mendapatkan pelayanan ?
  4. Dimana mereka bisa melakukan service itu :

  • Contact (kontak)
  • Reminders (di ingatkan)
  • Registration (registrasi)
  • Subscription ( berlangganan)
  • Form filling (pengisian formulir)
  • Degree of technology ( tingkat teknologi)

PHYSICAL ENVIRONMENT
   Lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli 
  Keadaan lingkungan fisik sangat menentukan komunikasi pemasaran itu berhasil atau tidak, sebab lingkungan juga berperanan penting dalam hal ini. Konsumen atau pelanggan akan merasa terpuaskan dengan membeili produk kita dengan keadaan dan kondisi lingkungan yang kondusif.

Lingkungan Fisik/ Physical Environment
Linkungan fisik merupakan keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana.
Lingkungan fisik terdiri dari :
  1. •         Kepintaran
  2. •         Run-down/ susunan acara
  3. •         Antar muka
  4. •         Kenyamanan
  5. •         Fasilitas

Suasana, suasana hati/ mood atau penampilan fisik lingkungan
  1. Bagus/ lusuh?
  2. Trendy/ retro/ modern/ jadul?
  3. Cerah/ gelap/ bersinar/ditundukkan?
  4. Romantis/ cantik/ bising?
  5. Bersih/ kotor/ berantakan/ rapi?
  6. Musik?
  7. Bau/ wangi?
Bauran Pemasaran
Tergantung suatu pada campuran-campuran:
1.      Pemasaran objektif
2.      Tipe produk
3.      Target pasar
4.      Struktur pasar
5.      Perlakuan lawan
6.      Isu global--budaya/ agama dan sebagainya
7.      Posisi pemasaran
8.      Portofolio produk, dapat dilakukan dengan menggunakan 2 pendekatan, yakni:
         1) Produk daur ulang berhubngan dengan daya tahan produk
         2) Matrix Boston yaitu suatu pendekatan dari Boston University
 
Marketing Mix    
Tergantung pada beberapa Campuran-campuran :
  • Marketing Objectives (sasaran pasar)
  • Type of Product (tipe produk)
  • Target Market (target pasar)
  • Market Structure (posisi pasar)
  • Rival’s Behaviour (perilaku pesaing)
  • Global Issues-culture/religion (global isu budaya/religi)
  • Marketing Position (posisi pemasaran)
  • Product Portofolio
  • Product Licycle (siklus hidup produk)
  • Boston Matrix

Dari ke 7 komponen di dalam marketing mix berkembang dan di perluas lagi karena sesuai dengan perkembangan zaman maka di tambah dengan ada nya 
poin POWER dan 
PUBLIC REALTION (strategi humas agar menjadi lebih efektif)
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar