Minggu, 16 Maret 2014

Marketing Mix

Pertemuan ke-5
10 Maret 2014


Marketing Mix (Variabel-variabel Bauran Pemasaran)

Terdapat 4 unsur dalam Marketing Mix, yaitu: (4P) Product, Price, Promotion, Place.
Untuk mencapai tujuan pemasaran, maka keempat unsur tersebut harus saling mendukung satu dengan lainnya. Manajemen harus berusaha agar variabel-variabel itu dapat terpadu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
Marketing Mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, yakni produk, harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi. Jadi dengan marketing mix itu akan dapat ditentukan tingkat keberhasilan pemasaran yang diikuti oleh kepuasan konsumen.

Produk
Produk adalah item yang dibeli oleh costumer termasuk kemasan, citra yang terbangun, dan garansi. Produk terdiri dari desain, teknologi, kemanfaatannya, kelengkapan, nilai, kualitas, kemasan, merk, pendukung, dan garansi.
Pengembangan suatu produk didasari oleh pertimbangan adanya pembagian produk, yaitu ada 3 bagian:

1. Produk Inti

Disini harus diketahui apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh konsumen. Setiap produk tentu memiliki manfaat serta ciri-ciri tertentu. Dalam hal ini penjual harus dapat menjual manfaat tersebut dan bukan ciri-ciri produk. Produk inti ini terdiri unsur: manfaat inti.
Suatu contoh:
Ø  Konsumen membeli panas bukan gas
Ø  Wanita membeli kecantikan bukan kosmetik
Ø  Nasabah membeli keamanan bukan deposito

2. Produk Berwujud

Perusahaan harus berusaha untuk mengubah produk ini menjadi produk berwujud.
Misalkan saja: komputer, buku.
Dalam produk berwujud ini terdapat lima ciri, yaitu:
Ø  Tingkat mutu produk
Ø  Model produk
Ø  Merk produk
Ø  Ciri-ciri produk
Ø  Kemasan

3. Produk Tambahan

Perusahaan harus dapat menawarkan manfaat dan pelayanan tambahan. Dapat diberikan contoh: garansi, pengiriman barang ke rumah.
Dalam produk tambahan ini terdapat 4 unsur, yaitu:
Ø  Instalasi
Ø  Jaminan
Ø  Penyerahan dan kredit
Ø  Pelayanan purna jual

Produk dapat terdiri dari
Ø  Desain
Ø   Teknologi
Ø  Kegunaan produk
Ø  Nilai
Ø  Kualitas produk
Ø  Pengemasan
Ø  Kelengkapan
Ø  Kelengkapan yang lainnya atau aksesoris
Ø  Merek atau brand
Ø  Garansi 

Metode yang dipakai pada produk yaitu :    
Ø  Spesialisasi versi
Ø  Edisi baru
Ø  Strategi extensi : produk yang awet
Ø  Peningkatan
Ø  Kemasan yang berbeda
Ø  Teknologi
 
Penetapan Harga

Harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Suatu harga ditetapkan pada umumnya bertujuan untuk:
Ø   Meningkatkan penjualan
Ø  Mempertahankan dan memperbaiki market share
Ø  Menstabilkan tingkat harga
Ø  Mengembalikan investasi
Ø  Mencapai laba maksimum
Faktor-faktor yang berpengaruh dalam penetapan harga:
Ø  Harga dari sejenis atau produk pengganti dari para pesaing
Ø  Kemampuan memberi dari masyarakat
Ø  Jangka waktu perputaran dana
Ø  Peraturan pemerintah
Terdapat beberapa teknik didalam penetapan harga :
Ø  Berbasis waktu – mengatakan cocok untuk memperbaiki mesin cuci dimana harga tergantung pada berapa lama pekerjaan yang diperlukan. Contoh bengkel
Ø  Biaya plus menghitung berapa banyak biaya untuk membuat sebuah produk yang kemudian tambahkan pada keuntungan. Contoh: salon
Ø  Penetrasi harga. (penetrasi)
Ø  Dari bagian atas atau harga menggelapkan. (produk yang hanya sesaat saja)
Ø  Menghancurkan. (merusak produk saingannya)
Ø  Berorientasi pasar.

Tempat

Tempat adalah rute dari produksi lalu manufaktur sampai barang sampai pada costumer. Tempat terdiri dari retail, wholesale, mail order, internet, direct sales, peer to peer.
Beberapa fungsi:
1. mengembangkan dan menyebarkan komunikasi mengenai tawaran
2. mengatur distribusi dana untuk menutup biaya saluran distribusi
3. melakukan pencarian dan berkomunikasi dengan calon pembeli

Tingkat saluran distribusi:

1. produsen-konsumen
2. produsen-pengecer-konsumen
3. produsen-pedagang besar-pengecer-konsumen
4. produsen-agen-pedagang besar-pengecer-konsumen

Tidak peduli seberapa baik produk  harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Pembeli dan penjual datang bersama-sama dengan cara berikut:
Ø  Shop
Ø  Tunai dan bawa
Ø  Pasar kios
Ø  Belanja Tv saluran
Ø  Internet
Ø  Koran dan majalah
Ø  Mail order
Ø  Surat langsung
Ø  Toko pabrik

Mempromosikan Produk

Promotional Mix
Variabel-variabel dalam bauran promotional mix:
Ø   sales promotion,
Ø  advertising,
Ø  sales force,
Ø  public relation, dan
Ø  direct marketing

Tujuan dari promosi yaitu :          
Ø  Pemesanan dari costumer
Ø  Informasi untuk costumer
Ø  Mengingat costumer.


Media untuk promosi yaitu :  
Ø  Televisi,
Ø  koran,
Ø  majalah,
Ø  radio,
Ø   cinema,
Ø  outdoor media,
Ø  internet,
Ø  direct mail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar