Jumat, 23 Mei 2014

ANALISIS BAURAN PROMOSI PRODUK (Kuku Bima Ener-G)

Fandi Al Gama
MP 2012 A
ANALISIS BAURAN PROMOSI PRODUK
MANAJEMEN PEMASARAN JASA

Kuku Bima Ener-G
http://haryadhaagustian.files.wordpress.com/2009/05/kukubima_energy_drink2.jpg

Deskripsi Singkat mengenai Kuku Bima Ener-G
            Kuku Bima Ener-G adalah merek dagang dari minuman energi produksi PT Sido Muncul. Produk minuman energi ini diluncurkan pada tahun 2004, dengan memunculkan para olahragawan, selebriti dan tokoh nasional, al. Chris John, Muhammad Rachman, Ade Rai, Donny Kusuma, Rieke Dyah Pitaloka, Vega Darwanti, Trio Macan, Mbah Maridjan, Bambang Pamungkas, Iko Uwais, Judika, Samuel Rizal, Denada, Dinda Kirana, Eza Gionino dll.
            Produk : Minuman suplemen bentuk serbuk, Merupakan minuman suplemen baik untuk diminum pria maupun wanita, Rasanya lebih enak, segar dengan berbagai macam pilihan rasa (original, anggur merah bali, jeruk pontianak dan jambu merah jakarta). Mempunyai kandungan ginseng dan royal jelly yang lebih banyak dibanding produk sejenis. Ditambah dengan vitamin B12 yang berfungsi untuk tambah darah, tanpa Pewarna dan Saccharine (Original). Produk tersebut menggunakan kemasan dus isi 6 sachet @ 4 gram (Original) dan isi 6 sachet @ 4,5 gram (Rasa Buah)

Komposisi :


Ekstrak Panax Radix (ginseng) setara dengan serbuk ginseng 300 mg
Royal Jelly 30 mg
Madu 100 mg
Taurine 1000 mg
1,3,7 trimethylxanthine (caffeine) 50 mg
Vitamin B2 5 mg
Vitamin B3 20 mg
Vitamin B6 5 mg
Vitamin B12 5 mcg
Aspartame (pemanis) 120 mg
Natrium Bikarbonat, Asam Sitrat, Flavour



Khasiat dan kegunaan/Efficacy :
Sebagai suplemen yang bermanfaat untuk membantu memulihkan stamina dan menyegarkan tubuh





Analisis Bauran Promosi
A. Advertising/Periklanan
            Kuku Bima Ener-G merupakan produk minuman berenergi (energy drink) yang diproduksi oleh PT Sido Muncul (www. PT Sido Muncul.com), Dalam mengiklankan produknya Kuku Bima Ener-G , Pada 23 April 2004, Kuku Bima Ener-G! diluncurkan ke pasar. Iklannya yang kali pertama dibintangi Rieke "Oneng"Dyah Pitaloka dan Doni Kesuma, kemudian sejumlah bintang iklan lain, seperti Chris John, M Rahman, Mbah Maridjan, Vega "Ngatini" Darwanti, Ade Rai, dan Wynne Prakusya, Blog Kuku Bima Ener-G: http://sidomuncul449.blogspot.com/, website Kuku Bima Ener-G: http://www.sidomuncul.com/.
Gambar Iklan Kuku Bima Ener-G :
http://www.tvconair.com/tvc/11023788/movie_11918.jpg http://www.indonesianfilmcenter.com/video/thumb/smallthumb_vidIdFC_14052012_131630.jpg http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS8fR9XkxXje5BHVEd18sa00O79WGUdXszJixxqGqSxwBHk8irgPw
   http://www.tvconair.com/tvc/13030055/I_D191012_KUKUBIMA_ENEGI_5d.jpg http://www.tvconair.com/tvc/12050077/I_D100412_KUKUBIMA_UUTPER_15d.jpg http://i.ytimg.com/vi/EdWvpOxP2SE/0.jpg




Marketing Office
Jl. Cipete Raya No. 81
Jakarta 12410, Indonesia
Tel : (62 21) 765 3535
Fax : (62 21) 765 6522
E-mail marketing@sidomuncul.com

Factory
Jl. Soekarno Hatta Km. 28
Kec. Bergas - Klepu, Semarang - Indonesia
Tel : (62-24) 6580-559, (62-298) 523-515
Fax : (62-24) 6580-332, (62-298) 523-509
E-mail : simuncul@indosat.net.id




B.  Sales Promotion/ Promosi Penjualan
            Program promo yang dilakukan untuk pedagang yaitu memberikan kesempatan memilih hadiah emas murni ataupun barang-barang elektronik bagi pedagang yang mau mengambil 3 karton hingga 160 karton Kuku Bima Ener-G. Kampanye komunikasi Kuku Bima selalu berbalut CSR (Corporate Sosial Responsibility). Mulai dari Mbah Marijan, Chris John, para TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang pernah disiksa majikan di negeri jiran, hingga Laskar Mandiri (pengamen, pengojek, tukang semir sepatu, pedagang jamu gendong, pemulung, dan pengasong), digandeng menjadi model iklan Kuku Bima Ener-G. Untuk aktivitas merek lainnya, Kuku Bima kerap mensponsori program-program yang membidik pasar pria wanita di atas 24 tahun, dengan status sosial ekonomi C, D, dan E. Misalnya saja program olah raga tinju serta kompetisi menyanyi dangdut ”Stardut” yang tayang di TPI. Selain itu, komunikasi melalui berbagai media juga dilakukan untuk memperluas upaya promosi.Kuku-bima

C. Hubungan masyarakat
            Humas Kuku Bima Ener-G cukup baik dalam memasarkan produknya, khususnya layanan Kuku Bima kerap mensponsori program-program yang membidik pasar pria wanita di atas 24 tahun, dengan status sosial ekonomi C, D, dan E. Misalnya saja program olah raga tinju serta kompetisi menyanyi dangdut ”Stardut” yang tayang di TPI. Selain itu, komunikasi melalui berbagai media juga dilakukan untuk memperluas upaya promosi. Nilai budaya pada iklan Kuku Bima Ener-G memberikan rasa jati diri produck bangsa sendiri yang memberikan kesan kepada pelanggan untuk mencintai produck bangsa sendiri.

D. Penjualan Pribadi.
            Penjualan pribadi yang dilakukan oleh Kuku Bima Ener-G ialah melalui sales sebagai perantara untuk menjual produk. Penjualan seperti ini biasanya dilakukan diacara-acara tertentu, seperti acara sekolah, mall, sosial, dan lainnya yang bekerja sama dengan pihak Kuku Bima Ener-G dalam memasarkan produknya melalui stand-stand. Kuku Bima Ener-G memperluas cakupan distribusinya ke toko-toko yang bukan sekadar berjualan jamu, seperti warung, rombong rokok, hingga outlet modern (Wulandari, 2008) Tidak kurang dari 100.000 pedagang jamu (baik yang menetap maupun keliling) pun ikut membantu distribusi produk ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar