Kamis, 22 Mei 2014

MENENTUKAN BAURAN PROMOSI

Resume Perkuliahan
Promosi Jasa Pendidikan
Promosi Jasa Pendidikan
Promosi: menyampaikan pesan produk kita kepada calon pelanggan
Promosi : Bagaimana menyampaikan pesan/ide gagasan pemasaran kepada pelanggan. Yang disampaikan pesan/informasidari produk tersebut. Harga cara memperoleh kualitas produk dll.

Menentukan Bauran Promosi, menentukan Bauran Promosi/ Beberapa Cara Promosi

A. Periklanan (Advertising)
            Merupakan segala biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang atau jasa. (media cetak, radio, tv) keputusan penting dalam periklanan, tahapnya:
1.      penetapan tujuan: tujuan komunikasi, penjualan
2.      keputusan anggaran: pendekatan sesuai kemampuan penjual menyamai pesaing, tujuan dan tugas
·        keputusan pesan: strategi pesan(pemilihan huruf, warna), pelaksanaan pesan
·         keputusan media(media cetak (local, interlokal), media elektronik (jam tayang)): jangkauan, frekuensi, dampak, tipe-tipe media utama, wahana media, pengambilan waktu untuk media
3.      evaluasi kampanye: dampak komunikasi, dampak penjualan

Keputusan penting dalam periklanan
1. menetapkan tujuan iklan: memberi informasi, membujuk, mengingatkan
2. menetapkan anggaran periklanan
            Faktor spesifik yang harus dipertimbangkan pada waktu menetapkan anggaran periklanan:
         Tahap di dalam PLC
         Pangsa pasar
         Persaingan dan kesemrawutan
         Frekuensi periklanan
          Diferensiasi produk
3. strategi iklan
·        penciptaan pesan iklan
·        penyeleksian media

            Langkah utama dalam menyeleksi media:
v  menentukan jangkauan frekuensi dan dampak
v  tipe media utama
v  wahana media
v  waktu penayangan

4. evaluasi periklanan
5. mengorganisasikan periklanan

B. Promosi Penjualan
            Merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu produk atau jasa, Keputusan Penting dalam Promosi Penjualan:
1.      menentukan tujuan promosi
2.      menyeleksi alat-alat promosi penjualan
3.      menyusun program promosi penjualan
4.      melaksanakan pra pengujian terhadpa program promosi penjualan
5.      melaksanakan dan mengendalikan program promosi penjualan
6.      evaluasi hasil penjualan

C. Hubungan Masyarakat
            Adalah membangun hubungan yang baik dengan berbagai publik perusahaan. Hal ini dicapai dengan memperoleh publisitas yang menguntungkan, membangun citra korporasi dan menangani atau mengatasi rumor, carita dan kegiatan-kegiatan yang tidak menguntungkan. (lebih banyak membangun image)
Keputusan utama dalam humas:
a.       menetapkan tujuan humas
b.      memilih pesan dan wahana masyarakat
c.       mengimplementasikan rencana humas
d.      mengevaluasi hasil humas

D. Penjualan Pribadi
            Dengan kekuatan pribadinya, mampu membuat orang lain untuk beli. Si penjual mempengaruhi orang lain untuk beli.
            Merupakan suatu bentuk penyajian secara lisan dalam suatu pembicaraan dengan seseorang atau lebih calon pembeli dengan tujuan meningkatkan terwujudnya penjualan produk. Dalam personal selling akan terjadi interaksi langsung antara pembeli dengan penjual.

Keputusan Penting dalam Penjualan Personal:
Ø  Persiapan yang matang
Ø   Merealisasikan penjualan
Ø  Mengatasi keberatan dan kesukaran pembeli

Ø  Menimbulkan good will setelah penjualan terjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar