Petemuan ke-9
Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
DISTRIBUSI
DISTRIBUSI
Distribusi adalah salah satu aspek
dari pemasaran. Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang
berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen
kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis,
jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Seorang atau sebuah perusahaan
distributor adalah perantara yang menyalurkan produk dari pabrikan
(manufacturer) ke pengecer (retailer). Setelah suatu produk dihasilkan oleh
pabrik, produk tersebut dikirimkan (dan biasanya juga sekaligus dijual) ke
suatu distributor. Distributor tersebut kemudian menjual produk tersebut ke
pengecer atau pelanggan.
Apabila kegiatan distribusi berhenti
penyaluran barang tidak akan berjalan lancar dan harga barang-barang di daerah
konsumen menjadi meningkat. Jadi kebutuhan tidak dapat terpenuhi dan masyarakat
menjadi resah. Demikian produsen barang-barang akan menumpuk dan tidak laku
produsen pun akan bangkrut. Distribusi bertujuan untuk:
a) Pemerataan
pemenuhan masyarakat di berbagai daerah,
b) Menstabillkan
harga barang/jasa,
c) Menjaga
kelangsungan hidup perusahasaan,
d) Menjaga
kesinambungan kegiatan produksi, serta
e) Mempercepat
sampainya produksi ke tangan konsumen
SALURAN DISTRIBUSI
Pengertian, menurut Philip Kotler (2007:122),
Saluran Distribusi adalah suatu perangkat organisasi yang tergantung yang
tercakup dalam proses yang membuat produk atau jasa menjadi untuk digunakan
atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis.
Perantara Pedagang, Pada dasarnya
perantara pedagang ( Merchant Middlemen) ini bertanggung jawab terhadap
pemilikan semua barang yang dipasarkannya. Dalam hubungannya dengan pemindahan
milik, kegiatan perantara pedagang ini berbeda dengan lembaga lain. Yang
termasuk dalam agen seperti: perusahaan transport, perusahaan pergudangan dan
sebagainya. Adapun lembaga-lembaga yang termasuk dalam golongan perantara
pedagang adalah:
1) Pedagang
Besar, kegiatan perdagangan besar dan biasanya tidak melayani penjualan eceran
kepada konsumen akhir.
2) Pengecer,
kegiatan usaha menjual barang kepada konsumen akhir untuk keperluan pribadi.
3) Agen,
adalah lembaga yang melaksanakan perdagangang dengan menyediakan jasa-jasa atau
fungsi khusus yang berhubungan dengan penjualan atau distribusi barang.
Fungsi Saluran Distribusi, saluran
distribusi memindahkan barang dari produsen kepada konsumen. Saluran distribusi
mengatasi kesenjangan utama dalam waktu, tempat, dan kepemilikan yang
memisahkan barang serta jasa dari mereka yang akan menggunakan. Fungsinya
adalah:
a) Informasi
(Information), Yaitu mengumpulkan dan menyebarkan informasi riset pemasaran
mengenai potensi& kemampuan pasar, pesaing dan kekuatan-kekuatanlainnya
b) Promosi
(Promotion), Yaitu mengembangkan dan menyebarkan komunikasi terhadap para
konsumen. Perlakuan membujuk(persuasive) tentang produk yang akan ditawarkan.
c) Kontak
, menemukan atau berkomunikasi dengan pembeli.
d) Penyesuaian:
Membentuk dan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pembeli , termasuk
aktivitas seperti pembuatan, pemilahan, perakitan , dan pengemasan.
e) Negosiasi,
Yaitu usaha untuk membuat kesepakatan untuk mencapai persetujuan harga
f) Pemesanan
(Ordering), Yaitu keputusan dari distribusi untuk memenuhi minatnya membeli
produk atau jasa ke produsen.
g) Pembiayaan
(Financing), Yaitu pembayaran, permintaan, penyebaran dana untuk menutup biaya
distribusi tersebut baik melalui bank atau lembaga keuangan lainnya.
h) Pengambilan
Risiko (Risk Taking), Yaitu perkiraan berapa besarnya resiko yang berkaitan
dengan pelaksanaan pekerjaan saluran tersebut.
i)
Kepemilikan Fisik ( Physical Possession),
Yaitu milik dari penyimpanan dan pergerakan barang secara fisik dari bahan
mentah sampai ke konsumen akhir.
j)
Pembayaran (Payment), Yaitu arus
pembayaran kepada penjual atas jasa atau produk yang telah diserahkan.
k) Kepemilikan
(Title), Yaitu arus perpindahan kepemilikan dari suatu lembaga atau organisasi
ke lembaga atau organisasi lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar